Ian Antono Rilis Solo Album “Ian Antono Song Book 1”

by -2,390 views

ian antonoMaestro Gitar yang dimiliki Indonesia ini telah melakukan sebuah babak baru dalam sejarah karirnya di jagad musik Indonesia, yaitu dengan membukukan ratusan karyanya dalam solo album musik yang diberi “Song Book”.

Ian Antono mengawali karir musiknya sejak bergabung dengan band Bentoel di kota Malang 45 tahun silam. Kemudian hijrah ke Jakarta dan kemudian direkrut oleh God Bless (grup musik rock asal Jakarta yang dikomandoi Achmad Albar}, sebagai gitaris, dan berlanjut hingga saat ini.

Selama 45 tahun karirnya di jagad musik Indonesia, 39 tahun diantaranya dijalanijalani bersama God bless. Dalam kurun waktu selama itu Ian telah kenyang menyelami pahit, getir dan manisnya hidup bermusik di Indonesia. Sehingga sangat layak jika Ian Antono kita sebut sebagai salah satu ikon musik negeri ini.

Yang tidak lazim bisa saja menjadi lazim, itulah yang ada dalam benak gitaris God Bless yang juga bertindak sebagai pencipta lagu dan arranger untuk beberapa penyanyi seperti Dou Kribo, Nicky Astria, Ikang Fawzie, Freddy Tamaela (Alm), Gito Rollies, (Alm.) Franky Sahilatua (Alm), Anggun C. Sasmi, Deddy Stanzah (Alm), hingga Iwan Fals. , Bahkan menurut pengakuannya ia pernah mendukung tak kurang dari 100 album rekaman, banyak diantaranya memakai lagu-lagu ciptaannya.

“Aku hidup dari laguku, bukan dari artis penyanyi, bila dulu artis atau band hidup dari perusahaan rekaman, namun saat ini banyak lebel atau perusahaan rekaman yang hidup dari artisnya – penyanyi atau grup band” ungkap Ian Antono saat preskon peluncuran solo album perdanyanya “Ian Antono Song Book 1, di Rolling Stone café pada Jum’at 23 Mei 2013

Dalam album SONG BOOK I ini berisi sepuluh lagu (sembilan lagu lawas dan sebuah nomor lagu baru) dengan lima penyanyi. Penyanyi yang diberi kepercayaan membawakan karya Ian dalam album solo perdananya ini adalah, Syaharani yang menyanyikan lagu Uang yang pada tahun 80an pernah dipopulerkan oleh Happy Pretty, kemudian dinyanyikan lagi oleh Nicky Astria pada sekitar tahun 1988.

Selain itu ada juga Roy Jeconiah membawakan lagu Neraka jahanam yang pernah popular dinyanyikan Duo Kribo dan Kepala Dua (popular dinyanyikan Gong 2000). Kemudian Koming Surya membawakan lagu Gersang dan Saksi Gitar tua, Rezi Pratomo menyanyikan lagu Tertipu Lagi dan Suara Cinta, Anindimas membawakan lagu Lari. Selain itu ada juga 2 lagu instrumental (Kepada perang dan Setan Jalanan) yang terdapat dalam album ini. Solo album Ian Antono diedarkan lewat label Demajors.

Selain prosesi peluncuran album, dalam kesempatan yang sama juga dilakukan konser yang melibatkan seluruh penyanyi pendukung yang ada dalam album Ian Antono Song Book 1. Tampil juga band rock legendaris God Bless dan Eet Sjahranie sebagai bintang tamu dalam acara itu.|Irish. Foto: Dudut.

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.