Ini Rahasia Sukses Influencer Bianca Kartika Raih Beasiswa Korean Government Scholarship

by -108 views

JAKARTA, VoiceMagz – Dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan Nasional (BIK), Sribuu menggelar edukasi online gratis, Festival Sribuu Mimpi pada 15 sampai 17 Oktober 2021.

Bertujuan meningkatkan literasi keuangan generasi millenials dan gen Z sehingga mereka dapat mewujudkan mimpi di ajang ini, Sribuu mengajak Bianca Kartika, influencer penerima beasiswa pasca sarjana Korean Government Scholarship di bidang bisnis, dan Indah Shafira, mahasiswa pasca sarjana Harvard University asal Indonesia.untuk berbagi kiat sukses.

Keduanya berbagi kisah saat menjadi pembicara dalam sesi ‘Sribuu Kisah Study Abroad’ pada hari Sabtu (16/10).

Dalam sesi ini, Bianca dan Indah berbagi cerita tentang pengalaman kuliahnya di luar negeri. Mulai dari memilih kampus, mencari beasiswa, sampai dengan tantangan yang dihadapi ketika kuliah di luar negeri.

Berawal dari passion di bidang fashion, beauty dan bisnis, Bianca merasa bahwa Korea merupakan kota yang tepat untuk ia melanjutkan studinya.

“Aku coba cari negara yang terdepan di bidang fashion dan beauty, tetapi juga memiliki program studi bisnis yang bagus, maka dari itu aku memilih untuk mendaftar beasiswa Korea. Kebetulan Korea pun memilih aku, jadi aku tidak perlu mendaftar ke beasiswa lain,” ujar Bianca.

Indah menambahkan, ia memilih melanjutkan studinya ke Harvard University, Amerika Serikat, karena kecocokannya dengan program dan konsentrasi studi di sana.

Bianca dan Indah pun menghadapi banyaknya tantangan ketika berkuliah di luar negeri. Culture Shock, adalah salah satu yang harus dihadapi oleh Indah.

Ia menjelaskan bahwa perbedaan budaya belajar mahasiswa di AS dan perbedaan sikap, membuat Indah harus dapat menyesuaikan diri secepat mungkin.

Awalnya Indah merasakan merasa tertekan, bahkan sampai terkena imposter syndrom, kondisi psikologis ketika seseorang merasa tidak pantas meraih kesuksesan yang telah dicapainya, tetapi Indah berhasil meyakinkan dirinya untuk dapat melewati hal tersebut.

Tantangan yang berbeda pun dirasakan Bianca. Ia merasakan bahwa penyesuaian peran kehidupan di Korea sebagai istri, mahasiswa, dan content creator merupakan salah satu tantangan terbesar baginya. Selain itu, hidup mandiri, dan mengatur segala sesuatu untuk dirinya sendiri, seperti mengatur keuangan dan mengatur waktu, juga merupakan tantangan berat yang harus ia jalani.

Namun Bianca merasa bahwa berbagai tantangan tersebut menjadi pengalaman yang tidak terlupakan hingga sekarang. Bahkan, pengalaman tersebut menyadarkan Bianca bahwa batas yang ia miliki untuk menghadapi masalah, jauh lebih tinggi dari yang ia pikirkan. Sejak dari titik itu, Bianca merasa telah tumbuh dan berkembang menjadi orang yang lebih baik lagi.

Di sesi tanya jawab dengan audiens, Bianca memberikan tips untuk memenuhi kualifikasi beasiswa.

“Ada satu poin penting, yang terkadang teman-teman sering keliru. Saat kita ingin mendaftar beasiswa, pastikan yang kita tulis di personal statement beasiswa itu sejalan dengan pemberi beasiswa. Tunjukkan bahwa tujuan kita di negara itu memang untuk belajar. Jangan sampai malah lebih fokus memuji-muji negaranya, dan akhirnya kita terlihat lebih tertarik untuk have fun dan tidak fokus untuk belajar di negara tersebut,” papar Bianca.

Ia melanjutkan, ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam menggapai mimpi, ataupun untuk mengajukan pendaftaran beasiswa. Keinginan, kemampuan, dan kenyataan, harus disatukan dan disesuaikan agar kita sukses menggapai mimpi.

Sesi yang dihadiri lebih dari 1600 peserta itu ditutup dengan reminder dari Bianca bahwa hal besar harus diikuti dengan perjuangan yang besar. Tidak ada hal besar yang didapatkan dengan mudah begitu saja, maka terus semangat berjuang dan jangan patah semangat.

Indah menambahkan, dengan menyemangati audiens untuk tidak takut bermimpi.

“Teman-teman jangan takut untuk bermimpi. Jika teman-teman disini berusaha dengan bersungguh-sungguh, membuat strategi yang jelas, dan diikuti dengan berdoa, pasti usaha yang dilakukan teman-teman disini tidak akan menghianati hasil,” tutup Indah.

Selain sesi ‘Sribuu Kisah Study Abroad’ bersama Bianca Kartika dan Indah Shafira, ada juga enam sesi Festival Sribuu Mimpi edukatif dan inspiratif lainnya yang dapat diakses di akun YouTube Sribuu. NVR

No More Posts Available.

No more pages to load.