Ini Sejarah Terbentuknya Band Peterpan Menurut Ariel

oleh
oleh

JAKARTA, VOICEMAGZ.com- Musisi Ariel NOAH kisahkan proses awal terbentuknya Peterpan. Ceritanya itu disampaikan saat menjadi tamu di kanal YouTube Ferdy ELEMENT.

Sebelumnya, Andika menceritakan awal mula terbentuknya Peterpan kepada Ferdy Element. Namun, ceritanya itu dianggap terlalu singkat. Ariel merasa tidak ada konteks yang jelas dari apa yang disampaikan Andika.

“Peterpan itu, berarti memang ada dua cerita. Kalau dari gua sendiri, memang dari dulu standarnya kan anak muda Bandung menemukan identitas dirinya melalui musik,” kata Ariel mengawali cerita soal terbentuknya Peterpan.

Adapun, Ariel lebih dulu mengenal Uki (gitar). Mereka bersekolah di SMP yang sama. Ariel dan Uki pun mulai main band bersama teman lainnya, yaitu Qibil (The Changcuters).

Beranjak ke SMA, Ariel yang saat itu sudah mulai membuat lagu, mengenal Lukman (gitar) dari tempat dia biasa menghabiskan waktu di sela sekolah.

Dari pertemuannya dengan Lukman, Ariel pun dikenalkan dengan Andika (kibor) dan Indra (bass).

“Jadi, ketemu sama Andika itu di sana. Pertama kali bantuin Lukman itu, kita cuma main dua kali. Sekali main di kafe dan satunya lagi main di SMA gua. Nama bandnya waktu itu 1979,” tutur Ariel.

“Habis itu nggak pernah main lagi. Udah,” imbuhnya.

Namun, pada saat SMA, Ariel juga tergabung dengan band lain yang beranggotakan Uki, Qibil dan Erik (The Changcuters). Saat itu mereka mengusung musik british pop dengan membawakan lagu-lagu band asal Inggris.

Setelah lulus dari SMA, Ariel mengaku dihubungi Andika yang saat itu ingin membentuk band untuk bermain di kafe-kafe di Bandung.

Meski saat itu Ariel sudah tergabung dengan band lain, dia tetap menerima tawaran untuk membentuk band baru dengan Andika dan Indra.

“Waktu itu belum Peterpan namanya, belum ada nama. Targetnya dulu itu untuk main di kafe. Memang scene-nya band Bandung dulu itu kan kalo nggak main di bazaar dan kafe. Di situ kita bisa ngerasa jadi anak musik,” kata Ariel.

Adapun, nama Peterpan tercetus tanpa pemikiran panjang. Kata Ariel, nama itu dipilih untuk mengikuti audisi main di salah satu kafe di Bandung.

Untuk urusan nama band, Ariel tidak menampik bahwa nama Peterpan dicetuskan pertama kali oleh Andika, yang kemudian disetujui personel lain.

Seiring waktu berjalan, band kafe tersebut kerap mengganti personelnya. Hanya Ariel, Andika dan Indra yang menetap dari awal.

Karena ketidakcocokan, personel lain diganti. Uki masuk untuk menggantikan gitaris terdahulu. Kemudian, Lukman bergabung untuk bermain gitar. Terakhir, Reza datang untuk menggantikan posisi drumer terdahulu.

Dengan formasi tersebut, Peterpan pun bermain di kafe sekitar setahun lamanya.

“Formasi awal masih main di Ohara. Setahun kalo nggak salah,” ujar Ariel.

“Jadi, bukan kayak Peterpan udah jadi, habis itu gua masuk, nggak. Setelah gua masuk itu, ada banyak yang baru masuk, gua bawa ini, Indra bawa Reza,” sambungnya.

Ariel pun menyayangkan opini yang berkembang karena cerita yang kurang lengkap dari Andika.

“Makanya, itu (ceritanya Andika) terlalu pendek, dan bisa membuat opini yang liar,” pungkas Ariel.

No More Posts Available.

No more pages to load.