Inilah Kenangan Spesial Yusuf Mansur Pada Pionir Bank Syariah Indonesia

by -1,179 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Tak banyak yang tahu jika da’i kondang Yusuf Mansur punya sebuah memori spesial pada bank umum pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip syariah Islam dalam menjalankan operasionalnya ini.

Ternyata, saat Bank Muamalat diresmikan pada Mei 1992, Yusuf Mansur-lah yang menjadi qori atau pembaca ayat-ayat suci Al Quran.

“Alhamdulillah sekarang saya hadir lagi disini. Dulu jadi qori, sekarang berdiri disini,” ujar Yusuf Mansur saat memberikan sambutan di acara Pembukaan Rekening Tabungan iB Muamalat oleh Keluarga Besar Daarul Quran dan Paytren di Jakarta, Rabu (28/2).

Pengasuh pesantren Daarul Quran dan pemilik PT Paytren Asset Management (PAM) ini sendiri menampik jika kehadirannya ini terkait kabar jika pihaknya akan membeli sebagian besar saham Bank Muamalat yang belakangan ini dikabarkan tengah mencari investor baru. Menurutnya, saat ini fokusnya adalah dengan merangkul jama’ah dan umat untuk membuka rekening tabungan secara bersama-sama di Bank Muamalat.

“Inilah langkah konkret kami membantu menanam kebaikan di Bank Muamalat. Tujuan jangka panjangnya, berdiri bersama Bank Muamalat,” ucapnya.

Ia pun tak segan meminta anggota Paytren menjadikan semua kantor Bank Muamalat sebagai ‘basecamp’.

“Tongkrongin tuh semua kantornya (Bank Muamalat). Ajak yang lain jadi nasabah, tentunya dengan cara yang santun,” ujar Yusuf.

Seperti diketahui, Bank Muamalat dikabarkan sedang sibuk mencari investor agar tak gulung tikar, alias bangkrut. Di pertengahan 2017, Bank Muamalat menemukan investor PT. Minna Padi Investama yang siap menjadi pembeli siaga ‘rights issue’ Bank Muamalat. Namun, PT. Minna Padi batal menjadi pembeli siaga karena tidak mampu memenuhi kewajibannya sebelum tenggat waktu yang ditentukan sesuai kesepakatan.

Oleh karenanya, Bank Muamalat kini sedang mencari investor baru untuk bisa memperkuat permodalan dan memenuhi ketentuan kesehatan bank sesuai arahan regulator. (NVR)