Jangan Sampai Nyesel, Ini Alasan Traveling Selagi Muda

by -3,043 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Hingga kini, Bumi merupakan satu-satunya planet yang diketahui mempunyai kehidupan dan mempunyai wilayah yang terlalu luas untuk dijelajah dan dipelajari. Tetapi bukan berarti kita memilih untuk berdiam diri dan tidak bisa menikmatinya. Apalagi tak lama lagi musim liburan akan datang.

Sebaliknya, melakukan perjalanan ke semua tempat atau traveling menjadi salah satu hal yang menyenangkan dan berpengaruh bagi hidup Anda. Hal tersebut termasuk kepada semua indera perasa yang Anda punyai. Selagi waktu masih muda, jangan sia-siakan masa tersebut untuk melihat keindahan dunia.

Berikut empat alasan mengapa Anda harus traveling selagi muda:

1. Traveling dapat mengubah paradigma Anda dengan dunia
Bila Anda adalah orang perkotaan yang sibuk dengan monitor kantor di dalam kantor dan tidak pernah bepergian keluar melihat hal baru, maka hidup Anda sia-sia belaka. Ombak yang berdebur keras menuju pantai, melihat sunset di garis horison, dan melihat asap gunung berapi yang sedang menyembur, itu semua adalah keindahan dunia. Jika Anda tidak melihat semuanya ini saat Anda muda, Anda akan mempunyai lebih sedikit keinginan untuk menjelajah ketika Anda di usia tua. Tentunya hal itu dipengaruhi oleh faktor pekerjaan dan keluarga.

2. Traveling dapat menguatkan relasi Anda dengan sesama.
Mungkin Anda merasa orang disekitar Anda mempunyai sifat yang tidak jauh berbeda dengan Anda. Saat menjelajah, Anda akan mempelajari budaya baru yang tentunya akan merubah pandangan. Anda akan merasakan betapa pentingnya Anda berkomunikasi dengan orang lain dari budaya yang berbeda.

3. Traveling dapat membuat Anda empati dengan kesusahan global.
Anda akan belajar untuk lebih bersyukur terhadap apa yang sudah Anda dapatkan di dalam hidup Anda. Beberapa orang diluar sana masih banyak yang merasakan kesukaran. Kelaparan, perang, musim dan cuaca yang tidak jelas yang menyulitkan kehidupan mereka. Jalanan mereka banyak yang rusak karena perang, kelaparan terjadi dimana-mana. Syukuri hidup Anda.

4. Traveling dapat terus menambah pengetahuan dan edukasi pada diri sendiri
Beberapa orang mengakui, saat belajar di sekolah tentang sejarah secara teori di atas kertas sangatlah membosankan. Melihat tempat-tempat kuno di atas kertas yang harus kita baca. Tetapi saat Anda bepergian langsung ke tempat tersebut, Anda akan takjub dan lebih menghargai bangunan-bangunan megah kuno yang biasa Anda lihat di buku. Esensi yang terkandung dari bangun tersebut akan memberikan arti bagi hidup Anda betapa pentingnya sejarah dalam hidup.

5. Traveling menyadari kepastian dan peluang yang ada
Menjadi tua adalah sebuah kepastian, namun Anda tidak mengetahui pasti seberapa lama kita akan hidup. Alasan ini adalah alasan utama kenapa sebaiknya Anda traveling selagi muda. Kita tidak akan mengatakan bahwa Anda harus traveling tanpa henti, namun ingatlah untuk memanfaatkan waktu yang masih Anda punya. Berliburlah sekarang

6. Traveling menjadi sarana belajar keuangan sejak dini.
Sebelum dan saat melakukan perjalanan, Anda akan dituntut oleh keadaan untuk belajar mengenai manajemen keuangan dan waktu. Contoh, Anda akan lebih memilih untuk mencari tiket pesawat murah dibanding dengan harga normal, bukan? Anda akan terus mengatur bujet yang miliki agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari selama melakukan traveling. Tentu saja, Anda tidak ingin rekening menjadi kosong melompong sehabis pulang liburan. Traveling merupakan kegiatan yang sangat penting.

7. Traveling memungkinkan Anda menyerap banyak ilmu.
Banyak orang yang mendapat pengetahuan dari hasil berselancar di internet, membaca buku maupun menonton televisi. Hal tersebut tidak salah namun menjadikan Anda menjadi orang yang teoritis. Ada baiknya Anda melihat sekeliling dunia untuk membuktikan atau melihatnya langsung pengetahuan tersebut dengan mata kepala Anda sendiri. Anda bisa mengetahui sekaligus berinteraksi dengan orang asing mengenai kebudayaan sosial, ekonomi dari segala penjuru daerah yang Anda telah kunjungi. Banyak wilayah di belahan dunia memberikan pengetahuan baru yang sangat disayangkan untuk dilewatkan.

8. Traveling menawarkan pengalaman dan cerita yang lebih kaya
Ketika Anda melakukan traveling, tentu banyak pengalaman dan kisah dapat Anda bagikan. Anda bisa berbagi cerita mengenai perilaku sosial, adat istiadat bahkan ekonomi kepada keluarga, sahabat maupun teman baru. Banyak platform tempat untuk menyampaikan cerita serti media sosial, website hingga blog. Dengan begitu, anda bisa memberikan aspirasi dan manfaat kepada orang lain melalui perjalanan yang telah Anda tempuh.

9. Traveling memungkinkan untuk keluar dari zona aman atau sulit Anda
Lingkungan tempat tinggal dengan kehidupannya memang menawarkan dua sisi mata uang yakni zona aman dan zona sulit. Menjalani hidup di zona aman memang menyenangkan, namun Anda juga harus keluar untuk melihat kehidupan orang lain. Begitu juga zona sulit yang bisa menjadi motivasi Anda untuk berpergian. Dengan hidup di lingkungan yang baru, Anda akan menjadi lebih toleran dengan orang lain terutama bila berbeda adat istiadat.

Jadi travelling menjadi sebuah tantangan yang sangat menarik, bukan? (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.