Kerjasama Dekranas dan Telkom Hasilkan Kerajinan Tas dan Masker Milenial Berbahan Dasar Batik

by -510 views

Digitalisasi Menginspirasi Gaya Hidup Sehat Nan Modis, Hasil Kolaborasi Dekranas – Telkom

Jakarta Voicemagz.com – Meski berada di tengah situasi pandemi Covid-19, tidak memudarkan semangat Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dalam memberdayakan pelaku Unit Kecil dan Menengah (UKM) demi mendukung misi mengembangkan produk serta usaha kerajinan dalam negeri demi meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya. Kali ini Dekranas menggandeng PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dalam menghadirkan beragam customized design product.

Semangat inovasi dan berkarya PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai ujung tombak Indonesia di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat layak ditularkan kepada seluruh lapisan masyarakat. Telkom merupakan BUMN telekomunikasi yang tiada henti menghubungkan seluruh Indonesia hingga pelosok melalui infrastruktur telekomunikasi, baik darat, laut dan udara. Melalui digitalisasi serta penyediaan produk dan layanan digital terbaik, Telkom berkomitmen selalu ada untuk masyarakat dan Pemerintah demi mendukung penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Kredo Telkom tersebut sudah cukup bagi perancang busana, Mel Ahyar untuk mengekplorasi beragam desain yang sesuai dengan identitas perusahaan dan semangat Telkom dalam mengakselerasi digitalisasi yang memberikan dampak penting dalam peningkatan daya saing bangsa. Mel, perancang fashion bergaya eksentrik, romantis, dan penuh detail ini dilibatkan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) untuk merancang customized design product Telkom yang siap dipakai masyarakat dalam menjalani pola hidup di kebiasaan baru ini.

Inisiatif Dekranas ini dilandasi keinginan untuk mengembangkan produk serta usaha kerajinan dalam negeri dengan membuat tas-tas belanja ramah lingkungan dan masker wajah pelindung kesehatan masyarakat. Agar punya dampak yang lebih luas sehingga tak hanya meningkatkan kesadaran akan gaya hidup yang lebih sehat dan ramah lingkungan, Dekranas mengajak keterlibatan sektor UKM sebagai produsen.

Dengan mengusung tema batik dan icon tangan pada logo Telkom sebagai dasar desain, desainer peraih The Best “Nouvelle Couture” saat tahun 2006 lulus dari ESMOD, Perancis ini menjadikan tas belanja dan masker wajah hasil rancangannya kental dengan nuansa digital serta bercorak dinamis dan modern yang cocok untuk kalangan milenial.

“Target Dekranas dengan kolaborasi ini agar muncul kreasi desain produk yang mampu menjadi daya tarik penggunanya. Karena itu, unsur mode sangat penting. Jika produknya modis dan disukai karena menunjang penampilan, tak hanya budaya hidup sehat dengan memakai masker yang bisa dicapai, sektor UKM yang memproduksinya juga bisa berkembang dan menggerakkan perekonomian di tengah pandemi,” harap Liza Thohir, Ketua Bidang Pendanaan Dekranas di Jakarta, Senin, 7 Desember 2020.

Produk Telkom hasil rancangan Mel Ahyar ini akan hadir dalam dua jenis, yakni Zest Face Mask, dan Link Tote Folded Bag./Irish

No More Posts Available.

No more pages to load.