Lima Mobil ‘Pasukan Umar bin Khatab’ Ini Siap Kelilingi Jabodetabek

by -2,749 views

BOGOR, VoiceMagz.com – Tak banyak unit layanan yang mampu menjadi garda terdepan dalam memecahkan masalah sosial kemasyarakatan. Dan saat ini Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempelopori hal ini lewat Layanan Aktif BAZNAS (LAB).

LAB ini adalah lembaga yang difungsikan untuk memberikan bantuan langsung kepada penerima zakat (mustahik) dengan berkeliling mendatangi rumah-rumah mustahik yang membutuhkan kebutuhan darurat seperti pengobatan atau pemenuhan kebutuhan pokok lainnya, yang jika tidak ditangani secara cepat akan berakibat semakin buruk kepada keadaan mustahik.

“Pada awal aksinya, tim ini bernama ‘Pasukan Umar bin Khattab’, nama tersebut terinspirasi dari sahabat nabi Umar bin Khattab yang saat menjadi Khalifah sering berkeliling wilayah di bawah kepemimpinannya untuk berkunjung ke rumah orang-orang miskin,” ujar Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, M Nasir Tajang di acara ‘Ekspose Layanan Aktif BAZNAS’ di Bogor, Sabtu (26/5).

Tim ini sendiri sudah terbentuk sejak tahun lalu. Dan pada Ramadhan tahun ini Tim LAB ini terus memberikan layanan langsung dengan mendatangi dan menyalurkan bantuan kepada mustahik yang membutuhkan di seputar wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Hal ini juga didasari tingkat kemiskinan di Jakarta dan sekitarnya yang tinggi serta banyaknya kebutuhan mendesak seperti kesehatan atau sandang pangan yang tidak dapat dipenuhi oleh sebagian kaum dhuafa. Dan banyak dari kaum dhuafa itu enggan meminta bantuan. Maka tim yang berkeliling mencari mustahik tersebut.

“Setiap hari selama Ramadan, tim ini menyisir wilayah Jabodetabek dengan menggunakan lima unit mobil. Mereka memverifikasi mustahik bekerja sama dengan RT/RW setempat,” lanjut Nasir.

Layanan ini sendiri adalah layanan reaksi cepat, dimana dari proses survei hingga pemberian bantuan dilakukan dalam tempo singkat. Jika survey dilaksanakan pagi hari, siang harinya bantuan sudah bisa disalurkan dengan besaran bantuan tergantung kebutuhan mustahik.

“Dan untuk kebutuhan yang lebih besar dan tidak bisa ditangani tim ini, akan dilayani program BAZNAS lainnya, seperti Rumah Sehat BAZNAS,” pungkasnya. (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.