Nyaleg Hak Setiap Warga Negara, Termasuk Artis

by -2,342 views

TantowiOleh: Irish Riswoyo
Persoalan nyaleg memang hak setiap warga Indonesia, apapun profesinya termasuk juga artis atau publik figur. Artinya semua warga Indonesia boleh mencalonkan diri sebagai Wakil Rakyat, entah itu DPR pusat maupun DPRD, selama persyaratannya mencukupi. Yang menjadi pertanyaan banyak orang sebenarnya bukan masalah boleh atau tidak, memenuhi syarat atau tidak, tetapi lebih ke pertanyaan klasik, apakah benar para caleg itu jika terpilih nanti benar benar bisa mewakili aspirasi rakyat yang memilihnya?.

Semenjak era reformasi bergulir, euphoria yang berujung pada minat masyarakat untuk ramai-ramai mencalonkan diri menjadi wakil rakyat sangat besar. Tak hanya dari para petinggi Negara ini, bahkan dari tukang becak, pedagang tempe hingga tukang tambal ban pun juga tak ketinggalan turut mencalonkan diri, Hal demikian juga datang dari kalangan Artis.
Ada beberapa Artis yang telah lebih dulu menembus kursi DPR Pusat, sebut saja Miing Bagito, Rieke Diah Pitaloka, Tantowi Yahya, Nurul Arifin, Eko Patrio, Venna Melinda hingga Angelina Sondakh. Atau juga yang berhasil menduduki jabatan publik seperti Wakil Gubernur, Wali Kota/wakil walikota atau Bupati seperti Rano Karno, Dedy Mizwar, Primus Yustisio dan lain lain.

Lantas bagaimanakah kinerja mereka..?. apakah memang benar benar berkontribusi secara nyata di jabatannya masing masing?. Ataukah hanya sebagai pelengkap saja.?. Ya., kami memnag bukan sebagai tim penilai kinerja artis yang duduk di DPR atau di jabatan lainnya. Masyarakat tentu jauh lebih pintar menilai siapa siapa saja Anggota Dewan dari kalangan artis yang memang bisa menjalankan fungsinya atau hanya sekedar absen dan duduk tetapi tak terdengar suaranya. Lalu apakah Artis yang demikian ini masih akan terpilih untuk pemilu kali ini?. Jawabannya tentu ada masayarakat itu sendiri.

Pada pemilu 2014 kali ini ternyata masih lumayan banyak para artis yang mencalonkan diri. Entah motivasinya benar benar memperjuangkan aspirasi atau punya motifvasi lain hanya mereka yang tahu. Atau justru hanya semacam efek dari simbiosis mutualisme antara partai dan artis. Partai perlu kepopuleran artis untuk mendongkrak suaranya, atau sebaliknya Artis memanfaatkan momen ini sebagai jembatan untuk meraih jabatan barunya yaitu sebagai Anggota Dewan. Lantas apakah Masyarakat akan memilih para artis ini untuk menjadi wakilnya di DPR atau DPRD nanti?. Jawabanya tentu ada pada masyarakat itu sendiri. Rahasia pastinya.!

Berikut Informasi nama-nama Artis / Publik Figur yang mencalonkan diri sebagai Anggota Dewan di pemlu 2014:

Partai Nasdem : Doni Damara, Jane Salimar, Ricky Subagja, Neil Maizar (mantan Pelatih Timnas). Mel Shandy (DPRD Jabar).

Partai Amanat Nasional (PAN): Primus Yustisio, Eko Patrio, Hendro Purnomo, Ikang Fawzie, Dwikki Dharmawan, Desy Ratnasari, Anang Hermansyah, Jeremy Thomas, Ayu Azhari, Gizel Idol, Yayuk Basuki.

PDI Perjuangan: Rieke Dyah Pitaloka, Yessy Gusman, Edo Kondologit, Sony Tulung, Nico Siahaan, Dedy Gumelar (Miing).

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB): Ridho Rhoma, Arzetti Bilbina, Iyeth Bustami, Akri Patrio, Ressa Herlambang,Krisna Mukti, Mandala Shoji, Said (Bajaj Bajuri).

Partai Persatuan Pembangunan (PPP): Okky Asokawati, Angel Lelga, Matt Solar.

Partai Demokrat: Venna Melinda, Inggrid Kansil, Nurul Qomar.

Partai Gerindra: Jamal Mirdad, Rachel Maryam, Bella Saphira, Iis Sugianto, Irwansyah.

Partai Golkar: Tantowi Yahya, Nurul Arifin, Charles Bonar Sirait.

Partai Hanura: Gusti Randa, David Chalik, Tety Kadi.

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.