Rally Mobil Kuno yang Digelar Pemkot Magelang dan PPMKI Diikuti 185 Kendaraan Dari Berbagai Daerah

oleh
oleh

MAGELANG, VOICEMAGZ.com

MAGELANG, AKURATNEWS.co  – Sebanyak 185 unit mobil kuno mengikuti rally yang diselenggarakan Pemerintah Kota Magelang dan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Rally start dari Alun-alun Kota Magelang pada Sabtu (11/5/2024) menuju Yogyakarta dan finish di Mako Polres Magelang Kota.

 

Kegiatan ini merupakan agenda rutin dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Magelang. Tahun ini digelar dua hari. Hari pertama rally dan hari kedua keliling kawasan Magelang raya.

 

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz mengatakan, rally mobil kuno ini menjadi salah satu cara agar panjang umur karena kegiatan ini mengandung unsur wisata.

 

“Ada tiga hal kalau orang mau panjang umur, yaitu suka makan sayur dan buah, hati yang terbuka dan berwisata. Rally mobil kuno ini termasuk wisata,” katanya.

Imam Sarwo Santoso, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang, menjelaskan, rally mobil kuno bertujuan untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada seluruh peserta yang mempunyai komitmen yang tinggi dalam merawat secara tekun dan penuh kecintaan terhadap benda-benda yang memiliki sejarah utamanya mobil kuno.

 

“Peserta mobil kuno 185, dengan peserta hampir 500 orang dari seluruh Indonesia,” jelas Imam.

 

Sementara itu, Pembina PPMKI Jawa Tengah Johnny Pramoedito menyampaikan selamat datang kepada peserta PPMKI dari luar kota di Magelang. Para peserta rally berasal dari Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta, Solo, Purwokerto, Semarang, Magelang dan sekitarnya.

 

“Dari peserta tersebut kurang lebih 450 orang. Kami dari tahun-tahun yang sudah, ada salah satu teman dari Mojokerto yang sempat mengingatkan sudah 32 kali datang ke Magelang. Jadi, kami sejak tahun 1990 sudah selalu mempromosikan wisata Kota Magelang,” kata dia.

 

Ketua Asosiasi Mobil Klasik Arab Saudi, yang juga mantan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Osama Muhammad Abdullah Al- Shuaibi, turut hadir sekaligus mengikuti rally tersebut.

 

Osama menyampaikan rasa terimakasih karena telah diundang ke acara yang luar biasa ini. Dia juga terkesan dengan Kota Magelang yang udaranya sejuk, setelah menempuh perjalanan dari Jakarta.

 

“Terimakasih telah mengundang saya selaku ketua pecinta mobil kuno di Arab Saudi. Selamat Hari Jadi Kota Magelang. Semoga (kegiatan ini) bisa meningkatkan pariwisata,” katanya.

Usai sambutan, Osama memberikan cinderamata untuk Wali Kota Magelang, Ketua PPMKI Pusat dan Pembina PPMKI Jawa Tengah.

 

Salah satu peserta rally mobil kuno, Wawan Santoso (41) mengatakan, mobil yang dipakai jenis Dodge Deluxe buatan Amerika tahun 1948. Dia memiliki mobil tersebut sudah sekitar sedasawarsa lamanya.

 

 

Selain itu ada juga mobil  Mercedes-Benz 280S keluaran 1970-an, Chevrolet Bel-Air (1950), VW Karmann Ghia (1970), sampai Buick Riviera akhir ‘70-an.

 

“Setiap tahun ke Magelang ikut rally ini. Untuk PPMKI kita rutin (ikut) wilayah Nusantara. Paling jauh ikut di Bali,” ujar warga Solo itu.

 

Untuk perawatan mobil, kata dia, sejauh ini mobil sudah direstorasi siap jalan. Sedangkan untuk perawatan tidak jauh berbeda dengan mobil sekarang, yakni rutin cek oli, air, instalasi rem, kelistrikan dan lainnya.(prokompimkotamgl)./ARD.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.