Selama Ramadhan, 36 Gerai Ini Ada di Mal dan Perkantoran

by -1,771 views

JAKARTA, VoiceMagz.com Guna memudahkan masyarakat menunaikan zakat dan sedekah saham jelang Ramadhan tahun ini, 36 gerai zakat saham resmi dibuka jelang hingga selesai Ramadhan.

Gerai zakat saham ini nantinya akan beroperasi di sejumlah mal dan perkantoran. Salah satu gerai yang dibuka terletak di main hall Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai Jumat (11/5) ini.

“Gerai ini resmi melayani masyarakat menunaikan zakat dan sedekah saham,” ujar Deputi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Arifin Purwakananta di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (11/5).

Bekerja sama dengan PT Henan Putihrai, Baznas, ujar Arifin, ingin memudahkan layanan zakat dan sedekah masyarakat yang beraktivitas di sekitar BEI hingga akhir Ramadhan nanti. Selain itu, ia memastikan di gerai tersebut, masyarakat juga bisa memperoleh informasi seputar pasar modal syariah, mekanisme zakat, sedekah saham dan konsultasi zakat.

Selama ini, program sedekah dan zakat saham (Sazadah) sebenarnya sudah diluncurkan sejak November 2017 setelah melalui kajian Majelis Ulama Indonesia(MUI). Saham termasuk jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya setelah mencapai nisab atau batasan kekayaan seorang Muslim wajib atau tidak mengeluarkan zakat. Dengan begitu, zakat saham bisa memfasilitasi investor syariah maupun konvensional untuk menyucikan harta. Selain itu, investor juga bisa berbagi kepada sesama melalui zakat saham.

Sementara itu, Direksi PT Henan Putihrai Sekuritas, Mohamad Yunus menjelaskan, pihaknya juga memberikan kemudahan bagi investor pasar modal yang ingin melakukan zakat saham.

“Asalkan (investor) sudah memiliki rekening efek saham di BEI, silakan langsung menghubungi perwakilan kami,” kata Yunus.

Ditambahkannya, perwakilan Henan Putihrai Sekuritas akan membantu proses sedekah dan zakat saham. Dengan begitu, investor yang ingin menyucikan hartanya bisa melakukan zakat saham dengan mudah dan cepat. Sedekah dan zakat yang dikeluarkan investor nantinya akan disalurkan kepada penerima zakat atau mustahik yang membutuhkan melalui Baznas.

Menurut Yunus, penerima zakat bisa memperoleh penghidupan yang lebih baik melalui program Zakat Community Development (ZCD) yang dimiliki Baznas. Selain dengan Baznas, PT Henan Putihrai Sekuritas juga bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bebrapa komunitas Muslim menyambut Ramdhan tahun ini.

“Paling tidak kami mengharapkan ini bisa menyampaikan geliat pasar investor syariah juga,” ucap Yunus. (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.