Serunya Menunggu Sunrise di Nepal Van Java

by -185 views

Jakarta, Voicemagz.com-Dusun Butuh atau  populer dengan sebutan Nepal van Java, merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang sempat viral di Jawa Tengah. Dusun Butuh yang dianggap mirip Namche Bazar Nepal berada di wilayah Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

 

Berada di kaki Gunung Sumbing, Dusun Butuh memiliki udara yang sejuk. Dusun Butuh merupakan dusun tertinggi di Kabupaten Magelang. Ketinggiannya sekitar 1620 MDPL.

 

Butuh perjuangan untuk sampai ke dusun ini. Karena berada di ketinggian 1.600 mdpl di kaki Gunung Sumbing, pengunjung akan melintasi jalan menanjak.

 

Sehingga, kendaraan yang Anda gunakan harus dipastikan kuat. Apalagi, jika menggunakan kendaraan matik, Anda harus ekstra berhati-hati.

 

Lalu, Anda disarankan untuk datang saat musim panas atau cuaca cerah. Jika datang saat musim hujan, jalanan akan licin dan berbahaya. Selain itu, hasil foto tidak akan maksimal karena tertutup kabut tebal.

 

Sebaiknya, Anda datang saat musim panas di pagi hari atau malam hari. Anda bisa mendapatkan latar foto ala Nepal sekaligus pemandangan sunrise atau sunset di Dusun Butuh.

 

Beberapa waktu lalu, tim NewBeat mengunjungi dusun yang tengah viral ini. Kala tim tiba di Dusun Butuh, waktu masih menunjukan pukul 05.15 WIB. Namun, fajar sudah mulai menyingsing, berselimut kabut tebal yang beranjak turun ke lembah pedesaan.

 

Di area parkir, tim langsung menaiki ojek untuk langsung menuju ke spot foto sunrise yang ada di bagian paling atas Dusun Butuh. Bila waktu cukup, menuju ke spot foto yang berada di ladang pertanian itu bisa dengan berjalan kaki. Namun, tim memutuskan naik ojek agar tidak ketinggalan sunrise.

 

Jangan tanya soal jalur yang kami lalu. Mendaki terjal dengan tikungan-tikungan yang curam. Bagi yang tidak biasa, naik ojek justru memacu adrenalin sekaligus menyeramkan.

 

Hingga Gerbang Jalur Sejati, ongkos ojek yang harus dikeluarkan sebesar Rp20.000. Tinggal dikali dua bila turunnya juga menggunakan ojek.