Synchronize Fest resmi Umumkan 12 Penampil Spesial, Ini Deretan Namanya

oleh
oleh

JAKARTA, VOICEMAGZ.com – Synchronize Fest resmi mengumumkan 12 nama penampil spesial yang akan beraksi 1-2 September mendatang. Tema “Bhinneka Tunggal Musik” yang diusung Synchronize Fest di 2023 sekaligus jadi medium semangat kolaboratif lintas genre dan lintas generasi dari pegiat musik dan seni visual di Indonesia.

Video pengumuman line up spesial Synchronize Fest digambarkan dengan teknik graffiti, serta konsep stop motion, time lapse video yang digarap oleh sutradara Nala Satmowi, dengan turut melibatkan belasan artisan seniman graffiti dari kolektif TMR dan Smize.

Video tersebut didalangi oleh dua seniman visual utama Synchronize Fest 2023; Sicovecas dan Mahdi Albart.

Ini baru permulaan, masih ada lebih dari 150 penampil lainnya yang akan diumumkan di fase berikut. Nantikan terus kejutan istimewa dari persembahan “Bhinneka Tunggal Musik” Synchronize Fest 2023.

Berikut ini nama-nama penampil spesial dalam Synchronize Fes 2023

Bimbo Bersama Yanti Bersaudara

Sulit melepas kebesaran nama Bimbo di sirkuit lagu religi. Cukup sebut dua karyanya, “Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya” dan “Sajadah Panjang”, nuansa Ramadhan pun sontak terasa. Grup bersaudara asal Bandung ini terbentuk pada medio 60-an, melewati banyak fase bermusik dengan memainkan folk, pop, dangdut, hingga tentu saja religi. Pada panggung spesial Synchronize Fest 2023, Bimbo akan tampil bersama dengan grup bersaudara legendaris asal Bandung lainnya, Yanti Bersaudara. Nama mereka belakangan kembali mencuri perhatian setelah lagu-lagunya dirilis kembali dalam bentuk piringan hitam melalui label rekaman asal Jakarta, Lamunai Records.

Baca artikel lainnya: Lama Vakum, Shanty Hadir Kembali dengan Single Terbaru ‘Kupu Menanti’

God Bless 50 Tahun

Band rock legendaris Indonesia, God bless, siap merayakan usia 50 tahun berkarier di panggung Synchronize Fest 2023. Band yang kini beranggotakan vokalis Achmad Albar, gitaris Ian Antono, bassist Donny Fatah, kibordis Abadi Soesman, dan drumer Fajar Satritama sempat didapuk oleh majalah Rolling Stone Indonesia sebagai The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa. God Bless rencananya akan tampil melibatkan musisi-musisi aktif hari ini seperti Kelompok Penerbang Roket, Isyana Sarasvati, Scaller, Iksan Skuter, Soegi Bornean, Barasuara, hingga Ardhito Pramono. Kolaborasi ini membuat panggung God Bless di Synchronize Fest 2023 bukan saja menjadi perayaan usia lima dekade band tersebut, tetapi sekaligus perayaan regenerasi musik Tanah Air.

Iwan Fals x Sawung Jabo

Dua musisi sekaligus seniman legendaris Indonesia, Iwan Fals dan Sawung Jabo, menjadi salah satu kolaborasi yang wajib disaksikan di Synchronize Fest 2023. Kiprah bermusik keduanya begitu besar saat bersama-sama memperkuat grup superior SWAMI dan Kantata Takwa, masing-masing diperkuat oleh legenda musik lainnya seperti Yockie Suryoprayogo, Innisari, Setiawan Djodi, Naniel Yakin, Nanoe, Totok Tewel, WS Rendra, hingga Donny Fatah. Pada 1990, Kantata Takwa sempat mengadakan konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, dengan tafsiran penonton yang hadir hingga 150.000 orang. Sejarah penting musik Indonesia itu pun tercatat, Fals dan Jabo adalah salah dua pihak yang menggoreskan tintanya. Mereka akan tampil bersama di Synchronize Fest 2023, penampilan spesial yang tentu pantang dilewatkan.

Konser Petualangan Sherina (Jakarta Movin, Isyana Sarasvati, Yura Yunita & Reza Chandika)

Pada tahun 2000, nasib industri film Indonesia menjadi kian cerah berkat kesuksesan film drama musikal anak-anak, Petualangan Sherina. Ia memikat jutaan penonton, memperlebar kejayaannya lewat medium karya seni lain seperti album musik hingga pertunjukan teater. Film tersebut memiliki sinopsis, naskah, dialog, lagu, koreografi, hingga lokasi yang melekat dalam ingatan penonton sampai hari ini. Pada 2022, projek Petualangan Sherina 2 resmi diumumkan dan dijadwalkan tayang pada September nanti. Synchronize Fest 2023, bekerja sama dengan Miles Films dan Jakarta Movin, akan menyambut sekuel tersebut dengan menghadirkan Konser Petualangan Sherina di salah satu panggungnya. Lagu-lagu kenamaan dalam film tersebut seperti “Bintang-bintang”, “Jagoan”, hingga “Kertarajasa” akan ditampilkan bersama musisi-musisi tamu yaitu Isyana Sarasvati, Yura Yunita, juga Reza Chandika.

Baca artikel lainnya: Tissa Biani Luncurkan Single Kedua ‘Cukup Aku’

Matajiwa x Matajiwo

Apa jadinya bila gaung rock Matajiwa mendampingi pertunjukkan wayang yang didalangi oleh budayawan Sujiwo Tejo? Kolaborasi lintas medium seni yang patut disaksikan. Mereka sempat tampil bersama dan menjadi bahan perbincangan di 2015. Ketika itu, Matajiwa x Matajiwo mempersembahkan sebuah lakon wayang kulit berjudul Karno Tanding. Matajiwa melatari lakon tersebut dengan repertoar mereka, salah satunya adalah “Semesta”. Synchronize Fest 2023akan siap menghadirkan kembali kolaborasi spesial Matajiwa x Matajiwo. Siap-siap untuk terhanyut.

Melly Goeslaw Songbook (feat. BBB, Irwansyah & Anda Perdana)

Keriaan karaoke nostalgia musik Indonesia belakangan ini tidak bisa lepas dari karya-karya Melly Goeslaw. Santer terputar adalah lagu-lagu Melly bersama super grup Potret seperti “Salah”, “Bagaikan Langit”, hingga “Mungkin”. Tak ketinggalan, projek solonya juga menghasilkan lagu-lagu kolaborasi penuh memori seperti “Jika”, “Butterfly”, dan “Ada Apa dengan Cinta”. Beberapa di antara mereka bahkan ikut menyukseskan film panjang Indonesia di antaranya Ada Apa dengan Cinta, Eiffel I’m in Love, hingga Heart. Untuk itu, Melly akan bernostalgia di panggung Synchronize Fest 2023 bersama para kolaboratornya seperti Anda Perdana, Irwansyah, dan BBB (Bukan Bintang Biasa – vokal grup yang beranggotakan Raffi Ahmad, Dimas Beck, Ayushita, Chelsea Olivia, dan Laudya Cynthia Bella). Siap-siap, karaoke massal bersama Melly Goeslaw.

Mesin Waktu 2.0: Teman-teman Menyanyikan Lagu NAIF

Lebih kurang 16 tahun lalu, label rekaman Aksara Records pernah merilis album kompilasi monumental bertajuk Mesin Waktu: Teman-teman Menyanyikan lagu NAIF. Sesuai dengan judulnya, album tersebut memuat karya NAIF yang digubah ulang oleh nama-nama seperti White Shoes & The Couple Company, The Brandals, Goodnight Electric, Cherry Bombshell, The Monophones, The Adams, hingga Sore. Sekarang, di masa-masa kita belum bisa lagi menyaksikan penampilan NAIF, mengembalikan spirit album kompilasi ini akan menjadi obat kerinduan. Di Synchronize Fest 2023, lagu-lagu NAIF akan dinyanyikan oleh Bilal Indrajaya, Chroma Strings, Endah N Rhesa, GAC, Kunto Aji, Nesia Ardi, Perunggu, Priscilla Jamail, Sentimental Moods, Sisitipsi, dan the Adams.

Baca artikel lainnya: Isyana Sarasvati Rilis Album ke-4 Berjudul ‘Isyana’

Republik Cinta Management (T.R.I.A.D, Mulan Jameela, Mahadewi)

Republik Cinta Management (RCM) adalah perusahaan manajemen musik yang didirikan oleh penulis lagu andal, Ahmad Dhani dari Dewa 19, pada 2007 lalu. Ia menaungi banyak musisi – termasuk bandnya sendiri dan ketiga anak kandungnya – seperti Mulan Jameela, T.R.I.A.D, Mahadewi, The Virgin, Virzha, hingga Marcello Tahitoe. Tiga nama pertama yang disebutkan dipastikan akan meramaikan panggung spesial Synchronize Fest 2023. Bersiap-siap untuk bernyanyi bersama saat mereka membawakan hits semacam “Makhluk Tuhan Paling Seksi”, “Wonder Woman”, “Selir Hati”, “Kamu-kamulah Surga”, “Sumpah I Love You”, sampai “Ayang Ayang Ku”.

Selangkah ke Seberang: Dekade Fariz RM ‘79-‘89

Sesuai dengan namanya, aksi panggung spesial musisi legendaris Fariz RM di Synchronize Fest 2023 akan menampilkan karya-karya yang ia rilis mulai dari 1979 hingga 1989. Fariz merilis total 11 album penuh dalam satu dekade tersebut, memuat nomor-nomor kenamaan seperti “Mega Bhuana”, “Semusim”, “Di Antara Kata”, “Kurnia dan Pesona”, “Jerat”, “Nada Kasih”, “Barcelona”, dan “Sungguh”. Lagu-lagu Fariz sedang kembali bergaung di keriaan anak muda dalam beberapa tahun belakang. Synchronize Fest 2023 bakal mewadahinya dalam suasana festival, bernostalgia bersama, pula menghadirkan beberapa sejawat Fariz seperti Candra Darusman juga Neno Warisman untuk meramaikan.

Soneta Group x Dipha Barus

Soneta Group siap mengiringi sang raja, Rhoma Irama, kembali berkolaborasi dengan produser/DJ andalan Tanah Air, Dipha Barus. Ini bukan kali pertama mereka bertukar suara di atas panggung. Pada Synchronize Fest versi daring di 2020, Bang Haji – begitu Rhoma biasa disapa – sempat tampil bersama Dipha untuk memadukan dangdut dengan musik elektronik, menggelorakan “Darah Muda” menjadi lebih eksentrik. Synchronize Fest 2023 akan kembali mempertemukan mereka, lebih banyak lagu yang dileburkan, lengkap dengan megahnya kehadiran Soneta Group – pasukan setia Rhoma.

Baca artikel lainnya: Duet Damon Koeswoyo dan Rita Effendy Kembali Merilis Single Baru

Symphony from Hell

Kolektif hip hop kebanggaan Yogyakarta, Hellhouse, akan mempersembahkan penampilan spesial Symphony from Hell di panggung Synchronize Fest 2023. Symphony from Hell pertama kali mereka tampilkan di perhelatan FLAVS Festival 2021, meleburkan musik orkestra dengan rentetetan ritmis ala hip hop. Kini, Hellhouse bakal melibatkan musisi-musisi tamu yang patut diperhitungkan aksinya seperti Al-Smith, Basboi, GNTZ, Jahanam, Mario Zwinkle, PB feat Eugine, Ramengvrl, Sade Susanto, Tuan Tigabelas, juga Uncle-T. Salah satu kolaborasi megah yang patut disaksikan di Synchronize Fest 2023.

4 Sehat 5 Nambah

Orkes Moral Pancaran Sinar Petromak, Orkes Moral Pengantar Minum Racun, Pemuda Harapan Bangsa, Orkes Nunung Cs, ditambah Jhonny Iskandar, akan membuat Synchronize Fest 2023 bergoyang massal dalam alunan musik dangdut. Empat orkes kenamaan ditambah 1 tokoh dangdut jenaka ini akan tampil di panggung yang sama atas nama 4 Sehat 5 Nambah.

Penonton Synchronize Fest 2023 tentu tidak asing lagi dengan repertoar mereka semacam “Fatimah”, “Judul-judulan”, “KTP Babe Gue”, hingga “Abang Gorengan”. Penampilan spesial yang wajib untuk dinikmati bersama./Mik

No More Posts Available.

No more pages to load.