Ternyata Ada Darah Majapahit di Silsilah Kerajaan Huristak

by -3,000 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Belum banyak yang mengenal keturunan pejuang kemerdekaan yang sudah berjuang merebut kemerdekaan di tanah Sumatera ini. Dan tak banyak yang tahu pula jika ada silsilah kerajaan Majapahit di kerajaan yang memiliki wilayah di padang Lawas, Sumatera Utara ini.

Salah satu keturunan raja-raja Huristak adalahDrs. Nagalan Hasibuan. MM yang bergelar Patuan Barumun-Raja Huristak Xl. Patuan Nagalan sendiri dilahirkan di Medan pada 29 November 1947 ini punya nama yang dalam bahasa Batak berarti menyerupai/titisan. Sedangkan, nama Nagalan sendiri berarti titisan Naga.

Ia menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di Rantau Prapat. Setelah itu meneruskan kuliah di STAN Jakarta. Usai lulus kuliah, Patuan Nagalan berkarir di Direktorat Jenderal Pajak hingga masa pensiunnya.

Penobatan Patuan Nagalan seperti halnya tradisi raja-raja Batak, dimulai ketika masih kecil atau ketika setelah adat  pernikahan. Patuan Nagalan sendiri bergelar Patuan Barumun (atau diambil dari nama kakek kandungnya Tengku Abdul Madjid Sjah Hasibuan alias Patuan Barumun Raja Huristak XI.

Patuan Nagalan tercatat sebagai ketua umum lembaga masyarakat adat kerajaan Huristak, dan juga ketua pembina Yayasan Bagas Godang Huristak. Dimana kedua badan hukum ini mewakili keraton dan sistem haradjaon/kerajaan Huristak Padang Lawas.

Sistem adat di Huristak sendiri menganut dalian natolu dan serat tembaga holing, dimana ada raja dan juga ada anak boru dan pisang raut dimana pengawas di temani oleh para pandito atau alim ulama.

Di tahun 2015, Patuan Nagalan menyerahkan urusan kerajaan kepada anak kandungnya, Rajamuda Tondi Hasibuan untuk mengurus dan mewakili kerajaan Huristak termasuk diberikan kebebasan untuk memimpin rapat adat masyarakat adat kerajaan Huristak.

Dan setelah ditelusuri, Patuan Nagalan adalah raja generasi ke 11 dari kerajaan Huristak dan garis ke 20 dari kerajaan Majapahit. Untuk lebih jelasnya, inilah silsilah dari Patuan Nagalan:

Patuan Nagalan bin Sutan Managor bin Patuan Barumun bin Sutan Palaon bin Raja Baijan/Kali Omar bin Mangaraja Lela II bin Raja Barita bin Mangaraja Lela I bin Raja Mangalengkung bin Sagado Mulia Tandang bin (Raja Soritaon/Suha + putri Aceh) bin Ompu Silindung bin Ompu Sende bin Raja Sodu Guron bin Namora Sende bin Raja Bonan Dolok bin Guru Mangaloksa bin Raja Hasibuan + (bin Hayam Wuruk-Paduka Sori)  bin Raja Sobu + bin Wijayarajasa/Bre Wengker- Dyah Wiyat) bin Tuan Sorba Dibanua + (Putri Majapahit bin Raden Wijaya) bin Tuan Sori Mangaraja bin Raja Batak bin Raja Sori Mangaraja II bin (Raja Pannai + putri Sriwijaya) bin Raja Orissa + Tuan Wergola bin ken Arok – bin pannai + Sri Vijaya bin Orissa Kalingga bin Iskandar Zulkarnaen. (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.