Viralnya Meme Dan Plesetan Dilan 1990 Jadi Senjata Ampuh Dongkrak Penonton

by -1,571 views

JAKARTA, Voicemagz.com – Film ‘Dilan 1990’ sukses berjaya di tangga box office film Indonesia. Sejak tayang Kamis (25/1) lalu, film besutan sutradara Fajar Bustomi ini sukses ditonton lebih dari 5,3 juta penonton.

Film ini bahkan mampu mengalahkan ‘Ada Apa Dengan Cinta 2’, ‘Pengabdi Setan’ dan ‘Ayat-Ayat Cinta 2’.

Perlu diingat, kesuksesan film ini tidak terjadi secara tiba-tiba. Ada lima faktor yang mendukung film ini merajai tangga box office, salah satunya adalah peran digital dan media sosial. Apa saja faktor-faktor itu, silakan simak di bawah ini:

1. Adaptasi Novel

Kisah ‘Dilan 1990’ diangkat dari novel karya Pidi Baiq. Novel tersebut sempat menjadi pembicaraan dan menarik kumpulan penggemar saat terbit tahun 2015. Pidi kemudian merilis dua buku lanjutannya, yaitu Dilan 1991 dan Milea pada tahun yang sama. Popularitas novel tentu menjadi modal kuat Dilan 1990 menggaet penonton saat diproduksi menjadi film.

2. Cerita Sederhana

Tema cerita Dilan 1990 tergolong sederhana. Film ini menampilkan cerita cinta siswa SMA bernama Dilan (Iqbal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla) di Bandung tahun 1990. Namun, kesederhanaan tersebut justru mudah membuat penonton merasa terhubung. Setiap penonton pernah mengalami percintaan manis saat duduk di bangku sekolah.

3. Strategi Promosi

Rumah produksi Falcon Pictures sudah gencar mempromosikan Dilan 1990 sejak pertengahan 2017. Mereka membuat kuis untuk menebak sosok pemeran utama lalu mengumumkannya secara besar-besaran. Mereka juga rajin mengunggah foto-foto saat proses syuting. Tanggapan publik memang tidak selalu positif. Tetapi, hal tersebut ampuh untuk membuat publik sadar soal keberadaan Dilan 1990. 

4. Meme dan Plesetan Viral

Faktor keempat ini sepertinya yang membuat film ini jadi pembicaraan dan membuat penasaran. Banyak netizen hingga lembaga negara membuat meme serta plesetan tentang gombalan Dilan untuk Milea. Lama-kelaman, pembicaraan tentang ‘Dilan 1990’ menjadi viral. Publik pun tambah penasaran dengan film tersebut. Kekuatan digital memang tak bisa dipungkiri saat ini.

5. Jadwal Rilis

‘Dilan 1990’ rilis di waktu yang tepat. Serbuan Ayat-Ayat Cinta 2, Susah Sinyal, dan Surat Cinta Untuk Starla The Movie sudah berakhir. Lawan film box office Hollywood pun hanya satu, yaitu Maze Runner: The Death Cure. Otomatis Dilan 1990 dengan mudah menguasai layar bioskop. Ditambah lagi London Love Story 3 memundurkan jadwal tayangnya. Lalu saingan terberat selanjutnya, yaitu Black Panther dan Eiffel I’m In Love 2 juga baru tayang tiga minggu kemudian. (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.