Demi Mencetak SDM Unggul di Industri Fashion Tanah Air, BUniversitas Binus Luncurkan Program Fashion

oleh
oleh

JAKARTA, VOICEMAGZ.com – Industri fashion Indonesia yang terus berkembang menghadapi berbagai tantangan. Mulai dari persaingan global yang semakin ketat hingga masalah terkait sustainability.

Mempertimbangkan tantangan-tantangan tersebut, BINUS University merasa penting untuk terus memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri fashion di Indonesia.

Sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung para pelaku industri mode di negeri ini, BINUS University menggelar acara TRENDSETTERS TALK and Launching Fashion Program di BINUS @Alam Sutera pada Jumat (17/5).

Pada trendsetter talk bertema “From Passion to Fame”, hadir sejumlah narasumber yang memiliki pengalaman panjang di bidang fashion.

Mereka antara lain Andhika Surasetja, seorang perancang busana muda Indonesia yang juga merupakan Creative Creator JFW & Founder Studio, RM Radinindra Nayaka alumni Program Fashion BINUS University sekaligus fashion designer di House of Radinindra, Daciadhia Phoebehana creative director of DACIA Official, and Co-Founder dari Salmanda Plants & Phoebe Living.

“Sebagai kampus yang dikenal dengan keunikannya sebagai Creative Business Campus, kami berkomitmen untuk menggabungkan kreativitas dengan pemahaman bisnis yang kuat. Program Fashion ini adalah manifestasi dari filosofi tersebut, dimana para mahasiswa tidak hanya diajarkan untuk menciptakan karya seni dalam bentuk busana, tetapi juga dibekali dengan keterampilan bisnis yang akan membantu mereka menjadi pengusaha sukses di industri fashion dengan mengangkat local pride,” Prof. Lim Sanny, Campus Director BINUS @Alam Sutera dalam kata sambutannya.

Memasuki segmen pertama, narasumber berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka tentang bagaimana menciptakan kesuksesan di industri fashion yang dinamis. Banyak inspirasi yang didapat oleh para peserta, khususnya mahasiswa, untuk aktif berkontribusi dalam pertumbuhan masa depan industri fashion yang inklusif.

Pada kesempatan ini, narasumber juga berbagi insight tentang bagaimana menjadi pemimpin yang mampu menghadapi perubahan dan memanfaatkan peluang.

“Saya merasa sangat terhormat dan bersemangat untuk berpartisipasi dalam acara trendsetter talk dan launching fashion program. Acara ini tidak hanya menunjukkan dedikasi kampus dalam mengembangkan bakat kreatif mahasiswa, tetapi juga komitmennya untuk membekali mereka dengan keterampilan bisnis yang esensial,” kata Andhika Surasetja.

Selain itu, acara tersebut juga mengangkat pembahasan tentang keterampilan yang diperlukan bagi perancang mode muda dan bagaimana pendidikan formal dapat membantu mengembangkan bakat mereka. Kemungkinan kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri fashion untuk memperkuat ekosistem lokal juga turut dibahas.

Tidak ketinggalan, talkshow ini juga mendiskusikan peran penting pendidikan fashion dalam mempersiapkan generasi muda untuk industri ini. Salah satunya Program Fashion dari BINUS University yang membantu membentuk perancang mode masa depan.

“Kami sangat bangga telah meluncurkan Program Fashion dimana ini mencerminkan komitmen kami untuk bisa menghasilkan SDM unggul di industri fashion. Sebagai bagian dari Creative Business Campus di BINUS @Alam Sutera kami ingin menggabungkan kreativitas dengan keterampilan bisnis. Dengan semangat ‘fostering and empowering’, program ini dirancang untuk membina dan memberdayakan mahasiswa agar siap berkompetisi di industri fashion yang dinamis,” ungkap Ratna, Head of Fashion Program.

Peluncuran Fashion Program merupakan wujud komitmen BINUS University sebagai Top Perguruan Tinggi Indonesia Berkelas Dunia dalam menghasilkan SDM Unggul yang siap menghadapi tantangan industri fashion masa depan.

Dalam kesempatan ini, turut ditampilkan karya-karya BINUSIAN dalam sebuah pagelaran fashion show, yang merupakan representasi hasil dari kreativitas dan inovasi BINUSIAN dalam merancang busana yang unik dan beragam dengan mengangkat local pride./May.

No More Posts Available.

No more pages to load.