Gitaris Black Sabbath Tony Iommi Surati Jokowi

by -2,172 views

Tony IommiHukuman mati terhadap kedua terpidana mati Bali Nine asal Australia Andrew Chan dan Myuran Sukumaran rupanya menyita perhatian para musisi dunia. Salah satu musisi yang menaruh perhatian terhadap hukuman mati tersebut adalah gitaris Black Sabbath, Tony Iommi.

Gitaris kidal yang identik dengan gitar Gibson SG Series ini berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo yang intinya meminta agar Jokowi untuk membatalkan eksekusi hukuman mati kepada dua warga negara Australia tersebut. Tony tau betul bahwa presiden Jokowi sangat mencintai musik rock.

Seperti dilansir The Sydney Morning Herald, Gitaris kelahiran Birmingham Inggris 19 Februari 1948 tersebut dalam suratnya mengungkapkan;

Presiden Indonesia
3 Maret 2015

Yang Mulia, saya menulis untuk memohon agar Anda memberikan grasi kepada Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Saya mengerti dan menghormati usaha Anda untuk memerangi penyalahgunaan narkoba di Indonesia, ini adalah sesuatu yang juga dilakukan oleh negara-negara lain.

Memang, saya telah melihat langsung dampak negatif dari narkoba terhadap manusia dan keluarganya. Ini mengapa saya mengerti Anda keras dalam isu ini. Lembaga Pemasyarakatan Indonesia telah berhasil mengubah Andrew dan Myuran.

Saya mohon kepada Anda, sebagai seorang pemaaf, untuk mengambil sikap terhadap perubahan mereka. Mereka saat ini adalah pria yang telah insaf, membuat perubahan positif baik untuk kehidupan mereka dan rekan mereka di penjara.

Pertobatan mereka adalah penghormatan yang nyata kepada pemerintah Indonesia.

Atas alasan itu, saya meminta kepada Anda untuk menghentikan eksekusi Andrew dan Myuran.

Izinkan (hukuman) mereka (ditukar dengan) hukuman seumur hidup di mana mereka bisa memberi kontribusi untuk peningkatan kualitas hidup yang baik bagi Indonesia dan memperbaiki jalan hidup mereka yang salah sebelumnya. Saya berharap Anda akan melihat permohonan personal ini.

Hormat saya,

Tony Iommy
Gitaris Black Sabbath

Selain Iommy, sebelumnya Mark “Barney” Greenway dari Napalm Death dan band Temper Trap telah lebih dahulu mengajukan permohonan kepada Presiden Jokowi agar ekesekusi mati ini dihentikan.
Selain itu diawal bulan ini grup heavy metal Napalm Death asal Inggris juga mengajukan permohonan yang sama kepada Jokowi. Para musisi yang juga dikagumi oleh Jokowi itu berharap adanya perubahan dari pemikiran Jokowi. Namun hingga saat ini belum ada tanggapan resmi dari pihak Jokowi atas tanggapan surat tersebut.

Kabar terkini duo Bali Nine yaitu Andrew Chan dan Myuran Sukumaran telah dipindahkan dari lapas Kerobokan Bali ke Cilacap, dengan menggunakan pesawat carteran. Sedang kepastian kapan keduanya akan dieksekusi masih belum dipastikan.| Irish| Foto: Istimewa

No More Posts Available.

No more pages to load.