Ki Manteb Soedarsono Meninggal Dunia

by -917 views
Foto: Solografi Wordpress.com

Jakarta, Voicemagz,com- Pelestari seni Wayng Jawa Ki Manteb Soedarsono meninggal dunia  pada Jumat (2/7/2021) sekitar Pukul 09.45 WIB, dalam usia 72 tahun.

Dalang wayang kulit kondang ini meninggal di kediaman pribadinya di Dukuh Suwono, Desa Ndomplang Kecamatan Karangpandan, Karanganyar.

Kabar meninggalnya  Ki Manteb diperoleh voicemagz.com melalui akun tweetwrnya Sudjiwo Tedjo, yang diunggak pada Jum’at 2 Juli 2021. Dalam unggahannya Sudjiwo menuliskan  “Breaking News: Dalang Senior Ki Manteb Sudarsono wafat,” tulis Sudjiwo.

Kemudian Sudjiwo Tedjo menambahkan cuitannya untuk mengklarifikasi kebenaran berita tersebut, “Tolong ada yg mengklarifikasi kabar yg sampai ke saya barusan … suwun sanget” tulis cuit lanjutannya.

Lalu akun  @didiksetywannew membalas dengan cuitannya yang berbunyi  “Leres mbah. Valid kabar dari Mas Medhot,” tulisnya.

Dalam cuitan selanjutnya Sudjiwo Tedjo menyampaikan perasaan hutang rasa dan bektinya kepada Ki manteb.

“Hmmm Asu tenaaan .. Sampeyan ndisi’i aku, Mas, pdhl tgl lahir kita sama2 31 Agustus.. Aku karo konco2 isih gedebugan memasyarakatkan wayang nang generasi milenial .. Sampeyan wis enak thenguk2 nang Sorga… #utangRasaku lan bektiku nang Sampeyan, Mas .. Sampai jumpa oyeeeeeee…” cuit Sudjiwo.

Sebelumnya Ki Manteb memang dikabarkan sakit dan di rawat di rumahnya. Selama dalam perawatan di rumahnya  beliau sempat dites antigen, Kamis pagi (1/7/2021), hasilnya positif Covid-19.

Meskipun Ki Manteb Sudarsono adalah dalang wayang kulit dalam tradisi jawa, namun beliau terkenal di seluruh penjuru negri. Terutama sejak menjadi bintang iklan sebuah produk obat sakit kepala dengan kata kata pupuler “Pancen O Ye,,”.

Ki manteb meninggalkan seorang istri yaitu Suwarti dan 6 orang anak yaitu Danang Suseno, Gatot Tetuko, Medhot Samiyana, Retno Palupi, Endar Maryati, Anik Wijayanti.

Rencana jenazah Ki Manteb Soedarsono akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Dukuh Suwono, Desa Ndoplang Kecamatan Karangpandan, Karanganyar./Irish

 

No More Posts Available.

No more pages to load.