RANI TRISUTJI Ratu Backing Vocal Yang Jago Main Piano Klasik

by -3,204 views

RaniHampir semua musisi Indonesia sangat akrab dengan nama Rani Trisutji (Rani Noor). Ya, pasalnya Wanita kelahiraran Italia ini memang telah berpuluh-puluh tahun menjajaki dan meramaikan industri musik musik Tanah Air. Sejatinya Rani memiliki kemampuan bermain piano klasik yang mengagumkan, tetapi di industri musik para musisi serta para produser musik lebih mengenalnya sebagai spesialis penyanyi latar (backing vocal), baik di panggung-panggung pertunjukan maupun di studio rekaman.

Mengenal musik sejak masih kecil, pasalnya sang Ibunda Trisuci Kamal adalah salah satu “Maestro Piano” Wanita Indonesia, yang sudah sering menggelar recital piano di beberapa Negara Eropa dan Asia. Artinya dentingan suara piano sudah ia dengarkan dan akrabi sejak kecil, namun Rani mengaku mulai menekuninya justru sejak SMP. Pasalnya sejak SMP Rani bersama keluarganya pindah ke Jakarta. Kemudian les musik di Yayasan Pendidikan Musik (YPM) hingga persiapan konservatorium. Kemudian setelah duduk di bangku SMA bersama-sama temannya membentuk band sekolah, Rani memposisikan dirinya sebagai pemain piano sesuai dengan kemahirannya. Band yang dibentuknyapun kemudian ikut festival yang diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta mewakili SMA 34 pada sekitar tahun 1977.

Kemudian setelah duduk dibangku kuliah Rani mulai berpikir dan berusaha untuk lebih serius terjun secara profesional di dunia musik. Usahanyapun ternyata tidak sia-sia, sekitar tahun 1982 Rani muda kala itu mendapat kesempatan dari Granada Recor untuk rekaman sebagai penyanyi solo. Musisi sekelas Adi MS, Raidy Noor, Uce Hariono (Alm) serta Dori Kalwas pun dipercaya untuk menggarap aransemen serta menciptakan lagu untuk album perdananya itu. Album bertajuk “Kisah Hati” yang mengambil salah satu judul lagu ciptaan Dori Kalmas pun akhirnya dilempar kepasaran.

Pada sekitar tahun 1987 Rani bergabung dengan Next Band bersama Raidy Noor dan Andy Ayunir, namun perjalannya bersama Next Band tidak berlangsung lama sebab ditahun yang sama Rani mulai kebanjiran job sebagai penyanyi latar (backing Vocal). Profesi barunya sebagi artis spesial backing vocal dimulai kala Connie Constantia membuat album, dalam album tersebut membutuhkan backing vocal, maka Rani bersama Nana Noor dan Ida Noor kala itu dipercaya untuk menjadi backing vocak pada album tersebut. Darisinilah awal mulanya nama Rani Trisutji (Rani Noor) dikenal sebagi “Ratu”nya backing vocal di Indonesia.

Puluhan artis hebat dan record label akhirnya mengantri untuk memakai jasanya, tak kurang artis semacam Achmad Albar, Ruth Sahanaya, Katon Bagaskara, Ricky Johanes, Lilo, KLA Dessy Ratnasari hingga penyanyi dari negri Jiran Siti Nurhalisa juga pernah memakai Jasanya. Ketika ditanya oleh musiclive tentang siapa saja artis yang pernah memakai jasanya untuk backing vocal Ranipun menjawab” Aku kalau suruh nerangin satu per satu udah banyak yang lupa, tapi hampir 80% produksi kaset di Indonesia kala itu backing vocalnya selalu saya,” ungkapnya.

“Pokoknya hampir semua produksi record label seperti Musica Studio dan Blackboard dan lain-lain itu selalu saya. Belum proyek-proyek penyanyi yang digarap perorangan seperti proyeknya Dedy Dores, disitu ada Nike Ardilla, Conie dio dll, juga proyeknya Dodo Zakaria (Alm), Raidy Noor, Adjie Soetama dan masih banyak lagi, termasuk lagu-lagu tarling hingga dangdutnya Camelia malik dan Meggi Z.” Imbuhnya.” Belum untuk kebutuhan panggung, misalnya shownya God Bless, Fariz RM, Ita Purnamasari, Kantata Samsara hingga Twillight Orchestra. Pokoknya lengkap lah”. Pungkas Wanita berdarah biru trah dari Kraton Kasunanan Solo ini. Tex/Foto: Irish

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.