Saat Buku Menjadi Literacy Politics Ala Relawan ‘Gojo’

by -3,068 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Buruknya kualitas buku-buku, khususnya buku untuk anak-anak masih menjadi sebuah masalah pelik, terutama di wilayah terpencil Indonesia.

Berangkat dari hal tersebut, Relawan ‘Golkar Jokowi’ (Gojo) menggandeng ‘Pustaka Bergerak’ untuk mendistribusikan buku-buku untuk anak ke daerah-daerah terpencil.

“Buku yang telah dikirim bekerja sama ‘Pustaka Bergerak’ dan PT Pos Indonesia sudah mencapai 132 ton,” ujar relawan Gojo yang juga Ketua AMPG DKI Jakarta, Clinton Kardinal saat Deklarasi Relawan ‘Gojo’ di Jakarta, Jumat (16/3).

Dikatakannya, kegiatan awal Relawan ‘Gojo’ sejak Mei 2017 lalu, salah satunya adalah pembagian buku gratis di 34 provinsi.

“Biaya pengirimannya gratis ditanggung PT Pos Indonesia sebagai bagian dari dana CSR-nya,” ucap Clinton.

Ditambahkan Ketua AMPI DKI Jakarta, Gaya Kartasamita, pembagian buku gratis akan terus berlanjut. Saat ini Relawan ‘Gojo’ telah mempersiapkan tiga ribu buku lagi untuk dikirimkan ke seluruh pelosok Indonesia.

Di tempat yang sama, Koordinator ‘Pustaka Bergerak’, Nirwan A Arsuka menyebut, kegiatan penyaluran buku ini juga bisa merubah paradigma yang biasa ini terjadi jika politik identik dengan bagi-bagi uang (money politics).

“Kita coba rubah paradigma dari money politics ke literacy politics. Bagi-bagi uang atau sembako hanya bisa dinikmati sesaat. Tapi kalau bagi-bagi buku, akan meninggalkan jejak lama dan tak habis dalam waktu singkat,” tandas Nirwan.

‘Pustaka Bergerak’ berharap, buku-buku yang dikirimkan nanti lebih pada bacaan mendidik bagi anak di luar buku-buku pelajaran.

“Sebaiknya buku-buku cerita anak dan kisah-kisah inspiratif. Juga buku-buku tentang peningkatan keterampilan buat para orangtuanya,” harap Nirwan.

Koordinator Nasional Relawan ‘Gojo’, Rizal Malarangeng pun sepakat dengan hal itu. Pembagian buku-buku dikatakannya merupakan salah satu bukti konkret relawan yang diinisiasi kaum muda Partai Golkar dalam menyebarkan ilmu pengetahuan.   .

“Jadi kami sifatnya mengantarkan anak muda milenial untuk berpartisipasi aktif,” ujar Rizal yang juga Wakil Ketua Koordinator Bidang Penggalangan Khusus DPP Partai Golkar ini. (NVR)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.