“Sahabat Sejati” Album Baru Opick Bersama Anak Sulungnya

by -3,257 views

OpickPria bernama lengkap Aunur Rofiq Lil Firdaus atau lebih dikenal dengan nama Opick, sejak melantunkan tembang Tombo Ati yang melambungkan namanya di tahun 2004, selama satu dekade terus konsisten di jalur lagu-lagu religi. Niat tulus dan kerja kerasnya di blantika musik tanah air untuk membawakan tembang bernada puji-pujian pada Sang Khalik serta lirik yang mengajak pada kebaikan, selalu mencetak hits dari karya yang ditelurkannya lewat album religi setiap tahunnya.

Lihat saja karya pria berusia 40 tahun kelahiran Jawa Timur ini, mulai dari album perdananya Istighfar (2005), Semesta Bertasbih (2006), Ya Rahman (2007), Cahaya Hati (2008), Di Bawah Langit Mu (2009), Shollu Ala Muhammad (2010), The Best of Opick (2011), Salam Ya Rosulullah (2012), hingga Ya Maulana (2013).

Jelang Ramadhan kali ini, Opick pun kembali menyajikan karya-karya emasnya lewat album bertajuk ‘Sahabat Sejati’. Album ini terbilang istimewa. Karena Opick melibatkan putri sulungnya, Ghaniya bersamanya menyanyikan tembang ‘Sahabat Sejati’ yang juga menjadi judul album terbarunya. Lirik dalam tembang ini, berangkat dari pemikiran sederhana seorang gadis cilik berusia 10 tahun tentang arti sahabat sejati.

Opick sebagai ayah sekaligus juga musisi, menyempurnakan karya sang putri. “Lewat lagu ini kita seperti diingatkan. Oh, ternyata bisa saja sahabat kita itu ayah, ibu, nenek atau karabat lainnya. Ini bisa berbicara tentang hubungan orang tua dan anak, atau bahkan lebih luas lagi,” jelas Opick tentang lagu berirama riang, saat memperkenalkan album barunya, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jum’at (27/6).

Membutuhkan waktu sekitar enam bulan, Opick yang merancang konsep album utuhnya ini dengan mengeksplor lebih banyak lagi nuansa kemasan musik, seperti halnya aransemen ala blues, yang dikatanya hanya sebagai bingkai atau bungkusan agar bisa dinikmati pendengan masa kini. Sekitar 10 lagu yang bertengger di album ke 10-nya ini, ada Maha Pemurah, Tuhan Beri Kami Cinta, Karenamu, Kembalilah, Liri Ilir, Sahabat Sejati, Sentuh Aku, Subhanallah-Ingat Ingatlah, Ya Muhammad dan Temukan Dirimu.

Ramadan adalah bulan suci yang dinanti-nanti oleh seluruh umat Islam di dunia. Pada bulan ini setiap muslim diwajibkan berpuasa, dan berlomba-lomba dalam kebaikan. Kehadiran album Opick dengan konsep berdakwah, yang mengajak orang untuk berbuat kebaikan dan menjauhi keburukan, seperti halnya seorang da’i yang berceramah ini, sudah bisa diperoleh diseluruh gerai Indomaret yang tersebar di Indonesia.

Album Sahabat Sejati yang ditargetkan mampu mendulang hasil penjualan 50 ribu keping diawal-awal Ramadha ini, bagi Opick musik adalah sekedar kendaraan, yang bukan saja untuk menyampaikan kebaikan dan puji-pujian pada Tuhan. Namun lebih dari itu, bagaimana kita mampu menerjemahkan dan mengamalkan apa yang tersirat di dalam setiap bait syair yang dibawakan.|Edo

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.