Tenun dan Songket Betawi Anna Mariana Warnai Malam Final Abnon Jaksel 2018

by -2,055 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Dalam upaya terus membuat tenun dan songket Betawi terus dikenal, desainer Anna Mariana mendapat tugas menggarap kostum untuk 15 pasang finalis Abang dan None (Abnon) Jakarta Selatan (Jaksel) 2018 dengan menggunakan songket dan tenun Betawi.

Menurut Anna, kostum yang dirancangnya menonjolkan design yang lebih grande, berwarna dan lebih mencerminkan jaman milenial saat ini. Untuk kostum Abang, jas pas badan dengan aksen tenun pada bagian lutut, dada dan tangan. Sementara untuk None, gaun malam yang elegan dan mewah. Semuanya di desain dari tenun Ikat dan tenun lukis.

“Kostum ini sekaligus untuk lebih memperkenalkan dan mendekatkan para finalis dengan tenun dan songket Betawi yang saya ciptakan khusus sejak tiga tahun lalu,” ujar Anna di sela-sela Malam Final Pemilihan Abnon Jaksel 2018 di Jakarta, Jumat (4/5).

Ia menyebut, desain tenun dan songket Betawi ini juga tak hanya bisa dibuat dalam pakem kebaya formal saja. Tak menutup kemungkinan gaun-gaun modern hingga gaun pengantin bisa dibuat dari tenun dan songket Betawi.

“Bisa dimodifikasi menjadi gaun pengantin dengan corak-corak Betawi. Jadi tidak hanya pakem kebaya saja,” ucap wanita yang juga menjadi juri dalam Pemilihan Abnon Jaksel 2018 ini.

Setelah acara Pemilihan Abnon Jaksel selesai, Anna mengaku akan semakin disibukkan dengan pembuatan design tenun dan songket Betawi terbaru.

“Saat ini saya masih terus mengembangkan dan membuat karya terbaru untuk tenun dan songket Betawi dengan motif dan kualitas spesial. Di samping itu, ia juga sudah ada tawaran membuat seragam PNS Pemprov DKI Jakarta, seragam perusahaan swasta seperti bank dan untuk karyawan Perguruan Tinggi,” bebernya.

Anna menyebut tawaran ini sebagai sebuah pekerjaaan rumah yang besar. Pasalnya, pesanan ini harus dibuat berbeda, tidak pasaran dan wajib mempunyai ciri spesial yang kuat.

“Bersama seluruh pengrajin binaan yang ada, saya akan mengerahkan seluruh pikiran dan tenaga. Kami berupaya agar bisa terus men-support proses pembuatan tenun dan songket Betawi,” pungkasnya. (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.