Trending Dunia, Opening Ceremony Asian Games 2018 Kalahkan Olimpiade dan PD

by -3,229 views
Opening Ceremony Asian Games 2018.

JAKARTA, VoiceMagz.com – Indonesia telah mencatat sejarah yang spektakuler saat Opening Ceremony Asian Games 2018 pada Sabtu (18/8) kemarin. Decak kagum datang dari seluruh belahan dunia dialamatkan pada perhelatan yang berlangsung megah dan meriah ini.

Hal ini terbukti dari merajainya hastag #OpeningCeremonyAsianGames2018 di trending topic Twitter dunia.

Twitter mencatat, setidaknya ada 1 juta tweet yang berseliweran dan menjadikan #OpeningCeremonyAsianGames2018 masuk dalam topik yang diperbincangkan dunia.

Bahkan disebut-sebut, upacara pembukaan Asian Games 2018 ini paling spektakuler ketimbang acara serupa di ajang Olimpiade Incheon, Korea Selatan dan Piala Dunia (PD) Rusia kemarin.

Bagaimana tidak menimbulkan decak kagum, acara ini menggunakan teknologi proyektor dan lampu tata pencahayaan serba canggih. Proyektor tersebut membantu menampilkan konsep keindahan alam dan keragaman budaya Tanah Air.

Ada pula air terjun dengan 140.000 liter air melengkapi bentangan rumput hijau sepanjang 3.000 meter persegi dihasilkan proyektor ini.

Ditambah suguhan panggung yang menampilkan gunung yang indah dengan 12.775 tanaman dan bunga menghiasi area seluas 1.350 meter persegi.

Belum lagi, ribuan penari dan dengan aransemen musik dari Addie MS dan Ronald Steven yang tak kurang didukung 6.000 orang, mulai dari penari, penyanyi, kru dan seluruh tim yang ikut mensukseskan acara ini. Penyanyi Tulus dan Via Vallen plus pesta kembang api pun sukses memberikan hiburan yang sempurna bagi penonton.

Dan tentu saja, aksi pembukaan acara yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang ke Gelora Bung Karno (GBK) dengan mengendarai motor gede (moge) bak seorang pembalap kawakan pun tak kalah menuai decak kagum.

Bicara soal aksi orang nomor satu Indonesia itu, Executive Creative Director Opening dan Closing Ceremony Asian Games 2018, Whisnutama menjelaskan, proses kreatif adegan naik moge Presiden Jokowi memang diawali dari idenya. Ia pun langsung mendiskusikan hal tersebut dengan Jokowi.

“Pertama kali yang mengusulkan ya ke orang yang mau divideoin (Jokowi),” ujar Whisnutama saat jumpa pers di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8).

Kenapa harus ada adegan Jokowi menunggangi moge? Whisnutama menyebut jika Presiden Jokowi sejak awal memang sudah dikonsep bagian dari sisi entertainment acara ini.

“Jadi, prinsipnya karena Bapak adalah bagian dari entertainment, ya kami nggak ada misi apa pun dalam hal ini. Cuma sekadar bagian dari entertainment. Saya mengatakan gini Pak, kira-kira mau nggak? Nggak ada pesan apa pun, ini murni konsep kreatif, titik,” jelas Whisnutama.

Proses syuting pembuatan video yang melibatkan Jokowi dan Paspampres ini hanya memakan waktu satu hari, itu pun waktunya sudah mepet. Walau mepet dan ia bertindak sebagai kepala negara, pria yang akrab disapa Whisnu ini mengakui Jokowi sangat kreatif. Ia mengikuti betul setiap arahan yang diberikan.

Seperti diketahui, dalam video upacara pembukaan Asian Games 2018, Jokowi akhirnya memilih naik moge gara-gara terjebak di kemacetan Ibukota. Sementara, upacara pembukaan Asian Games 2018 yang dihadiri lebih dari 45 ribu orang segera dimulai.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun menampilkan aksi akrobat seperti melompati sebuah mobil dan melewati gang-gang kecil, untuk mempercepat agar tiba di Stadion Gelora Bung Karno.

Wishnu membantah, kalau video tersebut sebagai pesan kampanye terselubung untuk menaikan elektabilitas Jokowi jelang Pilpres 2019.

“Ini nggak ada hubungannya dengan kampanye ya. Saya nggak tertarik politik. Ini emang karena beliau orangnya asyik dan santai. Jadi, kami ngobrolin berbagai ide, sehingga bisa mengeksplor segala hal,” kata Whisnu.

Ia mengaku kecewa kalau proses kreatif yang telah dilakukan bersama timnya malah dikaitkan dengan politik.

“Orang memang suka nambahin yang nggak-nggak. Karena saya orang kreatif, jadi fokusnya ya cuma satu, bisa bikin sesuatu yang kreatif, yang menyenangkan, titik. Kalau dikaitkan ke politik saya sudah pasti bete, karena nggak ada kepentingan ke situ juga,” tandasnya.

Tentu saja aksi Jokowi ini melibatkan seorang seorang pemeran pengganti atau stuntman. Hal ini lumrah dilakukan dalam pembuatan film-film box office sekalipun. Aktor-aktor besar Hollywood seperti Tom Cruise, Vin Diesel, Dwayne Johnson atau Jet Lee pun kerap menggunakan jasa stuntman bagi adegan-adegan berbahaya yang dilakukannya.

Saddum So, stuntman asal Thailand.

Tak terkecuali dalam video ini, Jokowi pun dibantu oleh stuntman. Dia adalah Saddum So, stuntman asal Thailand ini yang mengendarai moge Yamaha FZ1 hitam tersebut saat adegan-adegan berbahaya.

Pemilik nama asli Withithep Komolhiran ini memang seorang stunt rider sepeda motor yang namanya cukup dikenal di kalangan freestyler di Thailand dan Indonesia.

Saddum kerap kali tampil dan menunjukan aksinya di berbagai negara di kawasan Asia Tenggara. Pada Maret 2018 lalu misalnya dia menjadi salah satu penampil dalam acara Stunt Show Tour 2.0 di Selangor, Malaysia.

Ia memang piawai menari di atas motor-motor dengan mesin kapasitas besar. Aksi-aksi seperti stoppie, wheelie, hingga burn out pernah dia coba di berbagai motor seperti Kawasaki KSR, Benelli RFS 150i, dan CBR650R. (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.