Nova Eliza Jawab Isu Soal Tata Cara Berpakaian di Aceh

by -2,277 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Sebagai bagian dari upaya mempromosikan keramahan dan suasana aman serta terbukanya Aceh bagi wisatawan dan investasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh akan menggelar event Aceh Marathon 2018 pada Juli 2018 mendatang.

Namun, pelaksanaan event ini masih terkendala hal non teknis, yakni terkait tata cara berpakaian di Aceh yang banyak dipertanyakan para peserta event ini.

Menjawab hal tersebut, salah satu artis asal tanah Serambi Mekkah, Nova Eliza menyebut jika selama yang datang ke Aceh masih berpakaian sesuai norma-norma kesopanan yang berlaku, tidak ada kendala yang berarti.

“Aku rasa nggak ada masalah. Kemana pun kita pergi kan memang harus respect dengan kultur yang ada di daerah tersebut. Nggak hanya di Aceh saja,” ucap Nova di sela-sela acara ‘Road to Aceh Marathon 2018’ di Jakarta, Minggu (1/4).

Ucapan Nova itu diamini Wakil Gubernur (Wagub) Aceh Nova Iriansyah. Ia mempersilakan publik hadir ke Aceh untuk membuktikan hal tersebut.

“Saya sarankan melihat dan hadir langsung ke Aceh. Hal itu jauh lebih baik dari sekedar mendengar info,” ujar Nova.

Ia menjelaskan, qanun Syariat Islam yang berlaku di Aceh hanya berlaku untuk orang Aceh yang beragama Islam saja. Dan masyarakat Aceh, dikatakannya terkenal dengan toleransi yang tinggi terhadap keberagaman. Nova mencontohkan di Aceh juga ada warga Tionghoa yang non-Islam, mereka hidup damai berdampingan dengan warga Aceh.

“Jadi silakan datang ke Aceh. Saksikan dan nikmati suasana Aceh secara langsung,” imbau Nova.

Arti senior yang juga berdarah Aceh, Teuku Edwin juga mempersilakan publik untuk membuktikannya dengan hadir ke Aceh.

“Seringkali apa yang kita dengar tidak sesuai dengan kenyataan, karena itu ayo datang ke Aceh,” ujar Edwin.

Teuku Edwin mengaku bolak-balik ke Aceh dan menyaksikan kehidupan masyarakat di sana baik-baik saja.

“Kalau ada isu aneh-aneh, seperti ditangkap kalau tak pakai jilbab, nggak ada itu,” kata Edwin.

Event ‘Aceh Marathon 2018’ pada Juli mendatang di Sabang rencananya akan dihadiri pelari-pelari dari dalam dan luar negeri dengan total hadiah Rp3 miliar. (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.