Presiden Jokowi Dinilai Sukses Dekati Kaum Milenial

by -5,001 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Kalangan milenial yang cenderung tak ingin terikat oleh sesuatu yang formal sebenarnya juga berperan dalam penentuan masa depan bangsa. 40 persen suara kaum milenial inilah yang kini perlu digarap serius. Salah satunya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Generasi milenial itu tidak dangkal, namun populis. Maka dari itu pendekatannya cukup berbeda. Cara milenial menentukan pilihan pun tidak dari awal, melainkan mendekati masa akhir,” ucap pengamat politik Voxpop Center, Pangi S. Chaniago di sela-sela diskusi bertajuk ‘Generasi Milenial Dalam Pemilu 2019’ di Jakarta, Jumat (6/4).

Menurutnya, jika ingin masuk dan mendapatkan kepercayaan dari generasi millenial, maka harus pula menjadi generasi milenial itu sendiri, dan bukan sekadar dekat dengan mereka.

“Kalau ingin mendapatkan kepercayaan mereka maka harus masuk ke ranah hobi dan kegemaran mereka,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Pangi mengatakan, jika parpol yang ingin menggaet kaum milenial, maka parpol tak boleh menjadikan mereka sebagai objek politik. Sebab, generasi ini merupakan tipe pemilih yang mudah terpengaruh.

“Mereka sangat erat kaitannya dengan media sosial. Milenial tidak mau menjadi objek. Mereka mau jadi subjek. Generasi milenial mudah terpengaruh,” ucap Pangi.

Ia mencontohkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dinilainya mulai berhasil mengambil hati generasi milenial lewat hobi yang kerap ia tunjukkan seperti membuat video blog (vlog), olahraga, bermain musik, maupun hobi koleksi motor yang sempat ramai diberitakan.

“Jokowi masuk melalui apa yang mereka senangi, hobi anak-anak muda dan apa yang mereka sukai dan masuk ke komunitas,” beber Pangi.

Dengan hobi Jokowi menggunakan motor jenis tertentu misalnya, anak-anak muda yang memiliki hobi yang sama akan merasa senang. Hal itu bisa dinilai sebagai sebuah pendekatan yang berhasil.

“Anak-anak motor senang walaupun enggak bicara capaian dan program Jokowi. Tapi mereka tahu Jokowi suka motor. Jokowi sering ke mal dengan sepatu kets biasa dan kaos oblong, anak-anak muda senang,” jelasnya.

Jokowi yang kerap terlihat berswafoto atau selfie juga menunjukkan jika mantan Gubernur DKI Jakarta itu memahami selera atau cita rasa generasi milenial. (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.